Kesalahan-Kesalahan dalam Menjalani Puasa Ramadan

Antara amalan-amalan Umat Islam dibulan Ramadhan yang boleh menyebabkan pahala puasanya berkurangan atau puasa nya  hanya lapar dan dahaga adalah:-
  • Ada juga sebagian umat Islam, yang menjalankan puasa tetapi tidak mahu melakukan shalat. Ibadah puasa dijalani dengan penuh, tetapi shalat lima waktu ditinggalkan. Ini adalah suatu kekeliruan, sebab Islam adalah sikap tunduk dan patuh kepada Allah secara mutlak atau total. Islam sebagai suatu Addin adalah satu kesatuan yang tidak selayaknya dipilih-pilih mengikut keinginannya. Firman Allah:

Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al Kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian daripadamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat (Al-Baqarah:85).


Perlu diketahui bahwa shalat adalah tiang agama, orang yang meninggalkan shalat berarti ia merobohkan agama. Jika agama telah roboh, maka puasanya menjadi sia-sia dan tidak ada pahalanya sedikit pun.

  • Tetapi disebaliknya, ada sebagian umat Islam yang rajin melakukan ibadah, termasuk juga shalat tetapi hanya di bulan Ramadlan saja. Selama bulan Ramadlan aktif pengajian, aktif ke masjid, shalat berjama'ah, banyak bersedekah, tetapi di luar itu kehidupannya berubah 180 derajat, penuh dengan maksiat.

Fenomena ini bisa diukur dengan kehidupan di layar kaca, televisyen. Selama bulan Ramadlan semua penyiar, pemain sinetron, tema sinetron, dan semuanya tampil dengan nuansa "islami". Setelah Ramadhan selesai, selasai pula kepura-puraannya.

Ini sebuah kekeliruan besar. Adakah Allah mengharamkan kemaksiatan hanya di bulan Ramadlan, sementara pada sebelas bulan lainnya kemaksiatan itu halal? Adakah Allah mewajibkan ibadah hanya di bulan Ramadlan, setelah itu kewajiban dicabut lagi dan hanya diturunkan setahun ke depan?
Islam mengajarkan agama Islam untuk hidup dan kehidupan manusia sepanjang masa, bukan hanya di bulan Ramadlan. Maka orang yang masih memiliki kebiasaan seperti ini hendaklah bertaubat. Menyesal dan berhenti dari kebiasaan buruk ini, dimulai dari Ramadlan tahun ini. Selanjutnya, senantiasa menjaga ketaatan kepada Allah dan RasulNya. Dalam beribadah ini hendaklah memegang firman Allah;

Dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal). (al-Hijr:99)


Dan juga sabda Rasulullah;

Dari Sufyan bin Abdullah ats-Tsaqafi, ia berkata; Aku bertanya, "Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku sesuatu di dalam Islam yang tidak akan saya tanyakan kepada seorangpun selain engkau" beliau bersabda, "Katakanlah, aku beriman kepada Allah lalu istiqamahlah" (HR Muslim)


Istiqamah dalam iman, termasuk juga istiqamah di dalam beribadah. Sebab hakekat iman mencakup amal, yaitu dengan melakukan perintah Allah dan menjauhi laranganNya.

  • Ada orang yang memegangi suatu prinsip, tidurnya orang puasa adalah ibadah. Memang, orang berpuasa itu beribadah. Bahkan ketika dia tidur dalam keadaan berpuasa adalah dalam keadaan beribadah, karena ia berpuasa. Yang menjadi persoalan, dengan prinsip ini lalu seseorang berpuasa dengan malas-malasan, tidak bekerja apa-apa, dan tidak pula melakukan ibadah yang lainnya. Yang lebih menyedihkan lagi, kalau siang hari mereka tidur dengan prinsip ibadah, tetapi kalau malam justru digunakan untuk begadang. Jika begadangnya diisi dengan baca al-Qur'an masih sedikit lebih baik. Tetapi kebanyakan justru begadang dengan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, seperti menonton televisi, menanti pertandingan sepak bola, mendengarkan musik, hanya cerita ke sana ke mari dengan kawan. Jika malam harinya dihabiskan dengan begadang atau berjaga malam, tentu siang harinya matanya menjadi ngantuk, dan badan terasa lemas. Sebagai alasannya, dia katakan bahwa tidurnya orang yang puasa adalah ibadah. Jelaslah bahwa kebiasaan ini adalah kebiasaan yang bertentangan dengan sunah Rasulullah saw. Banyak sunnah yang terlanggar dengan begadang, di antaranya rasulullah tidak biasa berjaga setelah isya' kecuali sekedar untuk belajar dan mengajarkan ilmu agama. Di antaranya lagi, sunnah rasulullah adalah meninggalkan hal-hal yang tidak perlu.

Karena itulah, hendaklah umat Islam tidur seusai melaksanakan qiyam (shalat tarawih), lalu bangun untuk menunaikan sahur. Lalu di siang hari, jika hendak tidur barang sejenak (Qailulah) dipersilakan, tetapi jangan lupa kewajiban dan ibadah-ibadah lain di siang hari. Prinsip yang salah itu harus diluruskan, jika tidur saja ibadah apalagi kalau menambah amal yang lain, maka pahalanya akan berlipat ganda.

  • Ada sebagian orang yang merasa sedih ketika memasuki bulan Ramadlan, dan merasa bahagia dengan selesainya bulan Ramadlan. Kesedihan ini timbul karena tidak memahami nilai yang ada di balik kewajiban berpuasa. Yang tampak di depan mata adalah kewajiban berpuasa sebagai sebuah kesulitan. Betapa tidak di bulan ini makan di siang hari tidak bisa bebas. Bahkan melakukan beberapa bentuk kesenangan di malam hari pun kadang-kadang harus berhadapan dengan laskar amar ma'ruf nahi mungkar (hisbah). Bagi orang yang telah terbiasa bergelimang dengan kehidupan syahwat maka datangnya bulan Ramadlan adalah sebuah tragedi. Sementara itu berakhirnya bulan Ramadlan merupakan berita gembira, bukan karena dosa-dosanya terampuni tetapi karena ia akan bisa bebas lagi melakukan apa yang mereka mahu.
  • Ada juga orang yang sangat menjauhi hal-hal yang membatalkan puasa, tetapi tidak peduli kepada hal-hal yang merusak pahala puasa. Makan, minum dan hal-hal yang membatalkan puasa sangat dijauhi. Tetapi setelah selesai shalat subuh, berbondong-bondong dengan kawan kawannya berjalan-jalan keliling kampung. Atau kalau tidak di pagi hari, sore hari menanti datangnya waktu maghrib dengan berjalan-jalan dan mencuci mata. Sementara siang hari dihabiskan dengan bermain game, atau cerita-cerita dengan kawan sehingga penuh dengan ghibah dan namimah. Kadang-kadang melucu, dan agar lucu berdusta, atau mengolok-olok kawan. Semua itu akan merusak pahala puasa seseorang sebagaimana sabda Rasulullah saw;

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata; rasulullah saw bersabda; Barangsiapa tidak meninggalkan kata-kata dusta dan perbuatan sia-sia maka Allah tidak butuh (pada aktifitas) ia meninggalkan makan dan minumnya (HR al-Bukhari)


Dan ada juga yang menjalankan puasa, tetapi di malam hari malas melakukan qiyamul lail, atau shalat tarawih. Fenomena yang biasa nampak, pada hari pertama masjid penuh. Tetapi sepekan pertama, telah mengalami kemajuan shaf, bahkan hingga 50%, maknanya jika semula halaman masjid penuh jama'ah Shalat tarawih, setelah sepekan di halaman sudah tidak ada lagi, tinggal masjid saja yang penuh. Dan setelah setengah bulan, masjid pun menjadi tidak penuh lagi. Ini menunjukkan adanya kemalasan melakukan qiyamul lail. Padahal Rasulullah saw bersabda;


Sesungguhnya barangsiapa melakukan qiyamul lail bersama imam hingga selesai, maka sesungguhnya hal itu sama dengan melakukan qiyam sepanjang malam (at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan an-Nasa'i)


[muslimdaily.net]



Comments

Popular posts from this blog

Masjid Populer Di Jerman

Mengenai Masjid Al Mukarramah

Ucapan Lemah Lembut pada Orang Tua